RENC ANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MAN 1 Makassar
Mata
pelajaran : Fisika
Kelas/
semester : X/ 1 (satu)
Topik/
Tema : Optika Geometris
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran (2 kali
pertemuan)
Standar Kompetensi
Menerapkan
prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi Dasar
·
Menerapkan
alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
1. Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan kaca mata,
2. Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan lup,
3. Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan mikroskop,
4. Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan teropong.
I. Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan pembelajaran Kognitif
Produk:
Melalui
model pembelajaran kontekstual dengan metode berbasis penyelidikan diharapkan:
1.
Secara mandiri, Peserta didik dapat menerapkan
sifat-sifat cahaya pada kaca mata
2. Secara
mandiri, Peserta didik dapat menerapkan
sifat-sifat cahaya pada lup.
3. Secara
mandiri, Peserta didik dapat menerapkan
sifat-sifat cahaya pada mikroskop.
4. Secara
mandiri, Peserta didik dapat
menerapkan sifat-sifat cahaya pada teropong.
B. Tujuan Pembelajaran
Psikomotorik
1. Merancang
percobaan , ppesrta didik dapat merancang sendiri percobaan sesuai dengan
rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP Psikomotor.
2. Melukiskan
jalannya sinar, peserta didik dapat melukiskan jalannya sinar pada mikroskop,
teropong, lup dan kamera.
3. Melukiskan
jalannya sinar, peserta didik dapat melukiskan jalannya sinar pada penderita
rabun jauh dan rabun dekat.
C. Tujuan Pembelajaran Afektif
C.1. Karakter
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, yaitu peserta didik menunjukkan
kemajuan dalam menunjukkan perilaku
berkarakter meliputi kejujuran, peduli,
dan tanggung jawab.
C.2. Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, yaitu peserta didik
menunjukkan kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial meliputi: mengajukan pertanyaan dengan baik,
menyumbang idea atau berpendapat dengan baik, menjadi pendengar yang aktif.
II. Materi Ajar/ Pembelajaran
·
peralatan optik
III. Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM)
KKM KD
70
IV. Sumber/Bahan/Alat Bantu:
·
Sumber :
Buku Kajian Konsep fisika I (tiga serangkai)
·
Bahan/Alat : Model mata, macam-macam kaca mata baca, lup, mikroskop,
teropong, dan kamera
V. Metode/ Pendekatan:
·
Metode :
Pembelajaran kontekstual
·
Pendekatan : Penyelidikan dasar (Inqury based learning)
VI. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan Tatap Muka
Pertemuan 1
SINTAKS
|
KEGIATAN GURU-PESERTA DIDIK
|
WAKTU
|
Kegiatan awal:
Apresiasi/
Orientasi/
Motivasi
|
·
Guru mempersiapkan peserta didik untuk belajar dan melakukan absensi.
·
Guru memberikan pertanyaan kepada
peserta didik ”jenis lensa apakah yang digunakan pada penderita rabun jauh
dan rabun dekat?”
·
Guru meminta beberapa orang peserta
didik untuk mengemukakan pendapatnya.
·
Guru memberikan pujian kepada peserta didik dan
mengaitkan antara jawaban yang diberikan peserta didik dengan pelajaran yang
akan dipelajari
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai meliputi produk, proses, psikomotor, dan
keterampilan sosial.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti:
|
·
Guru memberikan evaluasi formatif
tentang pembiasan dan pemantulan cahaya.
·
Guru menyajikan Informasi yang
berkaitan dengan konsep alat-alat optik.
·
Guru membimbing peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan penelitian yaitu,
Jenis
lensa apakah yang digunakan pada penderita rabun jauh dan rabun dekat, lup, dan mikroskop?.
·
Guru membagi peserta didik dalam kelompok
dan membagikan LKS 1.04.
·
Dari pertanyaan penelitian maka:
guru
memodelkan cara menentukan jenis lensa yang digunakan pada alat optik.
·
Peserta didik melakukan
demonstrasi yang dipimpin oleh guru.
·
Peserta didik berdiskusi secara
berkelompok dan mengambil data hasil pengamatan.
·
Guru melakukan evaluasi formatif
dengan meminta salah satu kelompok untuk mempersentasikan perkerjaan atau
mengajukan pertanyaan.
·
Memberikan penghargaan berupa
umpan balik atau penguatan.
|
60 menit
|
Kegiatan Akhir:
Refleksi
|
·
Guru menyimpulkan materi
alat-alat optik.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk melakukan Tanya jawab.
·
Guru memodelkan cara penyelesaian
soal yang berkaitan dengan alat-alat optik.
·
Guru memberikan tugas kelompok
kepada peserta didik, serta persiapan untuk ulangan materi optika geometri.
|
20 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar