Jumat, 24 Agustus 2012

rpp optika geometri


RENC            ANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah             : MAN 1 Makassar
Mata pelajaran             : Fisika
Kelas/ semester           : X/ 1 (satu)
Topik/ Tema                : Optika Geometris
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran (2 kali pertemuan)
Standar Kompetensi
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi Dasar
·         Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
1.      Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan kaca mata,
2.      Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan lup,
3.      Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan mikroskop,
4.      Menerapkan sifat-sifat cahaya dalam alat yang dinamakan teropong.
I. Tujuan Pembelajaran
A. Tujuan pembelajaran Kognitif Produk:
Melalui model pembelajaran kontekstual dengan metode berbasis penyelidikan diharapkan:
1.      Secara mandiri, Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat cahaya pada kaca mata
2.      Secara mandiri, Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat cahaya pada lup.
3.      Secara mandiri, Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat cahaya pada mikroskop.
4.      Secara mandiri, Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat cahaya pada teropong.
B. Tujuan Pembelajaran Psikomotorik
1.      Merancang percobaan , ppesrta didik dapat merancang sendiri percobaan sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP Psikomotor.
2.      Melukiskan jalannya sinar, peserta didik dapat melukiskan jalannya sinar pada mikroskop, teropong, lup dan kamera.
3.      Melukiskan jalannya sinar, peserta didik dapat melukiskan jalannya sinar pada penderita rabun jauh dan rabun dekat.
C. Tujuan Pembelajaran Afektif
C.1. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, yaitu peserta didik menunjukkan kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi kejujuran, peduli, dan tanggung jawab.
C.2. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta didik, yaitu peserta didik menunjukkan kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial meliputi: mengajukan pertanyaan dengan baik, menyumbang idea atau berpendapat dengan baik, menjadi pendengar yang aktif.
II. Materi Ajar/ Pembelajaran                                                                                                        
·         peralatan optik
III. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
        KKM KD  70
IV. Sumber/Bahan/Alat Bantu:
·         Sumber            : Buku Kajian Konsep fisika I (tiga serangkai)
·         Bahan/Alat      : Model mata, macam-macam kaca mata baca, lup, mikroskop, teropong,     dan kamera
V. Metode/ Pendekatan:
·         Metode            : Pembelajaran kontekstual
·         Pendekatan     : Penyelidikan dasar (Inqury based learning)
VI. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Tatap Muka
Pertemuan 1
SINTAKS
KEGIATAN GURU-PESERTA DIDIK
WAKTU
Kegiatan awal:
Apresiasi/
Orientasi/
Motivasi
·         Guru mempersiapkan peserta didik  untuk belajar dan melakukan absensi.
·         Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik ”jenis lensa apakah yang digunakan pada penderita rabun jauh dan rabun dekat?”
·         Guru meminta beberapa orang peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya.
·         Guru  memberikan pujian kepada peserta didik dan mengaitkan antara jawaban yang diberikan peserta didik dengan pelajaran yang akan dipelajari
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai meliputi produk, proses, psikomotor, dan keterampilan sosial.
10 menit
Kegiatan Inti:
·         Guru memberikan evaluasi formatif tentang pembiasan dan pemantulan cahaya.
·         Guru menyajikan Informasi yang berkaitan dengan konsep alat-alat optik. 
·         Guru membimbing peserta didik untuk mengajukan pertanyaan penelitian yaitu,
Jenis lensa apakah yang digunakan pada penderita rabun jauh dan  rabun dekat, lup, dan mikroskop?.
·         Guru membagi peserta didik dalam kelompok dan membagikan LKS 1.04.
·         Dari pertanyaan penelitian maka:
guru memodelkan cara menentukan jenis lensa yang digunakan pada alat optik.
·         Peserta didik melakukan demonstrasi yang dipimpin oleh guru.
·         Peserta didik berdiskusi secara berkelompok dan mengambil data hasil pengamatan.
·         Guru melakukan evaluasi formatif dengan meminta salah satu kelompok untuk mempersentasikan perkerjaan atau mengajukan pertanyaan.
·         Memberikan penghargaan berupa umpan balik atau penguatan.
60 menit
Kegiatan Akhir:
Refleksi
·         Guru menyimpulkan materi alat-alat optik.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan Tanya jawab.
·         Guru memodelkan cara penyelesaian soal yang berkaitan dengan alat-alat optik.
·         Guru memberikan tugas kelompok kepada peserta didik, serta persiapan untuk ulangan materi optika geometri.
20 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar